Pendiri Wikileaks dibebaskan Setelah Lima Tahun Penjara

GARDAJP

Setelah perselisihan hukum sepanjang bertahun-tahun, Wikileaks menyebutkan bahwa pendirinya Julian Assange udah meninggalkan Inggris setelah menggapai kesepakatan bersama dengan pihak berwenang AS yang dapat membuatnya mengaku bersalah atas tuduhan pidana dan bebas. Selain mendonton film, bermain games juga dapat membantu ketika sedang bosan loh. Di situs GARDAJP banyak sekali berbagai jenis games yang bisa kamu coba mainkan!

Assange, 52 tahun, didakwa melaksanakan konspirasi untuk memperoleh dan mengungkap Info pertahanan nasional. Selama bertahun-tahun, AS berpendapat bahwa dokumen Wikileaks – yang mengungkap Info tentang perang Irak dan Afghanistan – membahayakan nyawa.

Assange menggunakan lima th. terakhirnya di penjara Inggris, daerah ia berjuang untuk ekstradisi ke AS. Assange tidak dapat menggunakan kala di tahanan AS dan dapat terima penghargaan atas kala yang dihabiskannya di penjara di Inggris.

Assange dapat ulang ke Australia, menurut surat berasal dari departemen kehakiman.

Di X, platform yang di awalnya dikenal sebagai Twitter, Wikileaks menyebutkan Assange meninggalkan penjara Belmarsh pada hari Senin setelah 1.901 hari di sel kecil.

Dia lantas “dilepaskan di bandara Stansted pada sore hari, di mana dia naik pesawat dan berangkat berasal dari Inggris” untuk ulang ke Australia, tambah pengakuan itu.

Video yang dibagikan secara online oleh Wikileaks menunjukkan Assange, mengenakan jeans dan kemeja biru, diantar ke Stansted sebelum saat menaiki pesawat.

Kami tidak sanggup memverifikasi video tersebut secara independen.

Istrinya, Stella Assange, menulis tweet terima kasih kepada para pendukungnya “yang udah melaksanakan menjalankan sepanjang bertahun-tahun untuk mewujudkan perihal ini”.

Kesepakatan itu – yang dapat membuatnya mengaku bersalah atas satu dakwaan – diperkirakan dapat diselesaikan di pengadilan di Kepulauan Mariana Utara pada Rabu, 26 Juni.

Pulau-pulau terpencil di Pasifik, yang merupakan lokasi persemakmuran AS, jauh lebih dekat bersama dengan Australia dibandingkan bersama dengan pengadilan federal AS di Hawaii atau benua AS.
Agence France Press mengutip juru bicara pemerintah Australia yang menyebutkan bahwa masalah ini “berlarut-larut terlalu lama”. Pengacaranya, Richard Miller, menolak berkomentar kala dihubungi CBS.

Dia dan pengacaranya udah lama menunjukkan bahwa masalah yang menimpanya bermotif politik.

Pada bulan April, Presiden AS Joe Biden menyebutkan bahwa dia sedang pertimbangkan keinginan Australia untuk membatalkan penuntutan pada Assange.

Dalam kemenangannya pada bulan berikutnya, Pengadilan Tinggi Inggris memastikan bahwa Assange sanggup mengajukan banding baru pada ekstradisi ke AS, sehingga terlalu mungkin dia untuk menantang jaminan AS tentang bagaimana persidangan prospektifnya dapat dijalankan dan apakah hak kebebasan berpendapatnya dapat dilanggar.

Setelah ketentuan tersebut, istrinya Stella menyebutkan kepada wartawan dan pendukungnya bahwa pemerintahan Biden “harus menjauhi diri berasal dari penuntutan yang memalukan ini”.

Jaksa AS mulanya dambakan mengadili pendiri Wikileaks itu atas 18 dakwaan – sebagian besar berdasarkan Undang-Undang Spionase – atas pengungkapan catatan rahasia militer AS dan pesan diplomatik tentang perang di Afghanistan dan Irak.

Wikileaks, yang didirikan Assange pada th. 2006, mengklaim udah menerbitkan lebih berasal dari 10 juta dokumen yang lantas dideskripsikan oleh pemerintah AS sebagai “salah satu kompromi Info rahasia terbesar dalam peristiwa Amerika Serikat”.

Pada th. 2010, web site tersebut menerbitkan video berasal dari helikopter militer AS yang menunjukkan lebih berasal dari selusin warga sipil Irak, termasuk dua reporter berita Reuters, terbunuh di Bagdad. Jangan lupa cobain main games di situs yang pastinya sudah aman dan terpercaya banget yaitu GARDAJP.

Salah satu kolaborator Assange yang paling terkenal, analis intelijen Angkatan Darat AS Chelsea Manning, dijatuhi hukuman 35 th. penjara sebelum saat presiden kala itu Barack Obama meringankan hukumannya pada th. 2017.

Assange termasuk hadapi tuduhan terpisah atas pemerkosaan dan kekerasan seksual di Swedia, tapi ia membantahnya. Dia menggunakan tujuh th. bersembunyi di kedutaan Ekuador di London, mengklaim masalah Swedia dapat membawanya ke Amerika.

Pihak berwenang Swedia membatalkan masalah ini pada th. 2019 dan menyebutkan bahwa udah terlalu banyak kala berlalu sejak pengaduan awal, tapi pihak berwenang Inggris lantas menahannya. Ia diadili sebab tidak menyerahkan diri ke pengadilan untuk diekstradisi ke Swedia.

Bahkan di sedang perjuangan hukum yang udah berjalan lama, Assange jarang muncul di depan umum dan sepanjang bertahun-tahun dilaporkan menderita kesegaran yang buruk, termasuk stroke gampang di penjara pada th. 2021.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *